Manfaat khasiat Daun Melinjo Dan Biji Melinjo


Manfaat khasiat Daun Melinjo Dan Biji Melinjo

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun melinjo di antaranya saponin dan flavonoid, sedangkan bijinya mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Efek farmakologis melinjo di antaranya sebagai peluruh kencing. Melinjo memiliki nama - nama khusus di setiap daerahnya tersebut antara lain: ki tangkil, mlinjo, sake, tangkil (Sunda), bagu, eso malinjo, trangkil, wit grintul (Jawa), mulieng (Aceh), manenjo (Belitung).

Berikut manfaat khasiat melinjo untuk dijadikan obat serta cara meramunya :

1.             Peluruh air seni

Kukus 50 g kulit buah melinjo segar, lalu makan sekaligus.

2.             Digigit anjing

Cuci bersih buah melinjo muda atau daun secukupnya, 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur, lalu balurkan pada luka gigitan anjing.

3.             Penyakit mata, anemia dan busur lapar

Makan daun dan buah melinjo yang telah dimasak atau disayur.

4.             Melancarkan proses persalinan

Ambil beberapa lembar daun melinjo yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda, cuci hingga bersih, lalu diiris-iris seperti halnya irisan daun tembakau dengan arah irisan melintang. Setelah itu jemurkan dibawah sinar matahari hingga betul-betul kering.
Bila akan digunakan, ambillah secukupnya dan seduhlah dengan air panas seperti halnya membuat air teh. Minumlah air tersebut setiap hari 2 kali ketika usia kehamilan sudah mencapai 8 bulan lebih.

Itulah manfaat daun melinjo serta khasiat biji melinjo untuk kesehatan dan pencegahan penyakit pada tubuh manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Camilan Keluarga. Diberdayakan oleh Blogger.